Navigation


RSS:Article / Comment



Commenting System untuk Website

08-06-2008 @ 12:33, Artikel, Ade Hermawan,

ComsYS Pada Blog setiap posting-an atau artikel dapat dikomentari oleh setiap pengunjung Blog tersebut, hal ini memungkinkan karena adanya fasilitas Commenting System yang terintegrasi dengan Blog tersebut. Sekarang ini setiap penyedia layanan Blog (Blog Hosting) seperti Blogspot/Blogger, Wordpress, Blogsome dan sebagainya sudah menyertakan fasilitas commenting system standarnya.

Bagaimana dengan Website? apakah kita bisa menambahkan fasilitas Commenting System pada website kita? Beberapa saat yang lalu saya mencoba mencari layanan commenting system dari pihak ketiga untuk diinstal pada website ini. Saya menggunakan search Engine Google dengan kata kunci "commenting system". Hasilnya nihil...? semua hasil pencarian diurutan teratas mengutamakan penyediaan fasilitas commenting system untuk Blog. Tenang dulu...! jangan putus asa, diurutan teratas hasil pencarian dengan query "commenting system" saya melirik www.haloscan.com. Meskipun lebih mengutamakan layanan commenting systemnya untuk Blog tapi setelah saya coba ternyata Commenting system dari HaloSacan ini dapat juga diterapkan pada website dengan instalasi manual. Hasilnya suksessss...! kini setiap artikel yang saya tulis dapat kamu komentari dengan meng-klik link pada bagian awal setiap artikel.

Kamu mau menambahkan fasilitas commenting system dari HaloScan pada website kamu? Saya akan mencoba berbagi, silahkan ikuti langkah-langkah berikut ini :

  1. Akses situs HaloScan di www.haloscan.com. Saya menyaran sebaiknya kamu menggunakan browser Mozilla Firefox karena dari pengalaman saya situs ini mengalami beberapa kendala bila dibuka dengan browser Internet Explorer ada elemen-elemen halaman yang sulit terbuka bahkan tidak dapat terbuka sama sekali bila menggunakan browser Internet Explorer
  2. Klik Sign Up Now untuk Registrasi
  3. Isi form registrasi yang tersedia dengan lengkap, setelah itu Klik Continue>>
  4. Registari selesai, silahkan login dengan Username dan Password yang telah kamu daftarkan tadi pada form login yang terletak pada bagian sebelah kanan.
  5. Pada Dashboard Klik menu Setting silahkan rubah setting-an bila kamu menginginkannya atau abaikan saja bila kamu merasa tidak perlu merubahnya. Klik Save Change bila kamu selesai melakukan setting.
  6. Klik menu Template untuk memilih salah satu template form Commenting sytem yang kamu suka, pilih template yang sesuai dengan design website kamu dengan meng-klik Save pada sebelah kanan template yang kamu sukai.
  7. Klik menu Install. Karena Kita bukan pengguna Blog pada step 1 Klik None of the Above / Manual (lihat gambar dibawan)lalu klik Next
  8. Install HaloScan
  9. Saatnya instalasi, copy kode HTML pada Step 1> Sisipkan (Paste) antara tag <HEAD> dan </HEAD> pada dokument HTML Website kamu.
  10. Install HaloScan
  11. Copy kode HTML pada Step 2, lalu sisipkan (Paste) pada bagian <BODY>, dimana kamu ingin meletakkan link Komentar. Biasanya link Komentar diletakkan pada bagian awal atau akhir setiap tulisan/artikel pada sebuah halaman website.
  12. Install HaloScan
  13. Ubah kata ("Name") pada kode HTML tadi Dengan judul Artikel yang kamu tulis.
  14. Save dan cobalah buka dokumen HTML yang telah kamu sisipkan Commenting system tadi dengan browser. Bila link Commenting system belum muncul Refresh Browser kamu atau tekan F5. Sekarang setiap artikel yang kamu tulis dapat dikomentari oleh pengunjung website/homepage kamu.

Penting diingat !!! Setiap kamu ingin menambahkan link Komentar ( Commenting System ) pada setiap Artikel baru yang kamu tulis, kamu hanya tinggal merubah kata ("Name") pada kode HTML di Step 2 dengan judul baru Artikel yang Kamu tulis. Jangan lupa juga tambahkan kode HTML pada Step 1 antara tag <HEAD> dan </HEAD> disetiap halaman baru Website kamu.

Dengan demikian terbuktilah sudah Website/Homepage pun dapat pula ditambahkan fasilitas Commenting System selayaknya Blog, Jadi buat kamu yang lebih menyukai Website/Homepage tidak perlu ngiri lagi dengan teman kamu yang lebih memilih Blog. Saya yakin dengan kamu memilih website/homepage pengetahuan kamu akan lebih berkembang dari pada kamu memilih Blog, karena pengelola website/homepage harus menambahkan fitu-fitur websitenya secara manual, bandingkan dengan blog yang semua fasilitas/fitur-fitur tersebut sudah didapat secra otomatis.

Selamat mencoba...Semoga bermanfaat!


About Me

Ini Aku! Ade Hermawan
Age: 25
Jakarta, Indonesia
Profile on MySpace


Search Article

Custom Search

Category


Archive


Chat Box



Links


My Blog