Navigation


RSS:Article / Comment



Html is Easy

08-06-2008 @ 12:33, Artikel, Ade Hermawan,

W3c LogoHTML itu mudah...HTML adalah bahasa dasar/standar dalam pembuatan Web Site. Jadi jika Kamu ingin membuat sebuah web site sendiri, kamu wajib, kudu dan musti belajar kode HTML karena belajar sesuatu yang baik harus dari dasarnya.Sebuah web site terdiri dari satu atau lebih halaman. Halaman- halaman website adalah file-file HTML.

Bahasa HTML (Hypertext Markup Language) sebenarnya bukan murni sebuah bahasa pemrograman komputer, tapi ia lebih mengarah pada Penandaan perlakuan bagi suatu text. Hal semacam ini bisa kamu jumpai di program Word Star. Dimana bila ingin mengubah format tampilan suatu text kamu menyisipkan kode-kode tertentu misalnya ^B, ^I dll. Demikian pula cara kerja HTML, dengan mengetikkan kata-kata aja, kamu udah bisa membuat suatu file HTML...tapi bukan itu yang kita maksud, karena HTML memiliki aturan-aturan dasar penulisan. Berikut ini dalah kerangka dasar dokument HTML yang merupakan aturan standart HTML yang dibuat oleh W3C (World Wide Web Consortium ) :

<HTML>
<HEAD>
*** Bagian dari Head ***
</HEAD>
<BODY>
*** Bagian dari BODY ***
</BODY>
</HTML>

Masih bingung...? Untuk lebih jelasnya kita akan mencoba membuat sebuah homepage sederhana dengan mengetikkan langsung perintah-perintah HTML kedalam Notepad. Notepad adalah program pengolah kata palig sederhana yang dimiliki Microsoft Windows. Untuk membuka Notepad (Klik Start - Programs - Accessories - Notepad). Silahkan buka kembali artikel saya terdahulu yang berjudul Mudahnya Membuat Website

Sekarang cobalah ketikkan perintah-perintah HTML berikut pada notepad yang telah kamu buka :

<HTML>
<HEAD>
<TITLE>Belajar Membuat Website denganHTML</TITLE>
</HEAD>
<BODY>
Ini adalah web site pertama yang saya buat, website ini saya buat sendiri dengan mengetikkan langsung kode-kode HTML pada notepad.
</BODY>
</HTML>

Setelah kode-kode HTML tadi kamu ketikkan semua simpanlah dengan nama index.html. Untuk melihat tampilannya bukalah file HTML tadi dengan menggunakan web broser semisal INternet Explorer ( Caranya Buka menu file pada Internet Explorer, klik Open dan pilih direktori/Folder tempat kamu tadi menyimpan file "index.html". Doubel klik file index.html, maka tampilah website sederhana yang tadi telah kamu buat...Selamat sekarang kamu telah bisa membuat sebuah website walaupun sangat sederhana sekali. Tapi jangan khawatir saya akan terus memberikan Tutorial - tutorial selanjutnya untuk kamu...

So, met mencoba and met belajar aja. Ingat !! Terus berlatih dan pantang menyerah. Tanpa keduanya jangan harap deh kamu punya situs yang kerrenz... Salam!


Artikel Terkait : Mudahnya Membuat Website



About Me

Ini Aku! Ade Hermawan
Age: 25
Jakarta, Indonesia
Profile on MySpace


Search Article

Custom Search

Category


Archive


Chat Box



Links


My Blog